Alasan Vaksin Covid 19 Booster hanya diberikan Setengah Dosis

Alasan Vaksin Covid 19 Booster hanya diberikan Setengah Dosis, Pemerintah tengah melangsungkan Program Vaksinasi Booster sejak Rabu (12/1/2022) lalu. Tidak sedikit dari masyarakat yang bertanya mengenai alasan mengapa vaksin yang diberikan hanya setengah dosis saja.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadiki mengatakan alasan Pemerintah hanya memberikan setengah dosis vaksin booster kepada masyarakat. Menurutnya, pemberian vaksin booster setengah dosis ini sudah menjalani tahap penelitian yang mendalam.

“Hasil penelitian di dalam dan luar Negeri menunjukan, vaksin booster setengah dosis dapat meningkatkan antibodi yang relatif sama atau bisa lebih baik di bandingkan dengan vaksin dosis penuh,” ucap Budi saat konferensi pers, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Alasan Vaksin Covid 19 Booster hanya diberikan Setengah Dosis. Hasil penelitian juga mengatakan, dengan penyuntikan setengah dosis vaksin booster ini, dapat memberikan dampak Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang lebih ringan.

Sebagai informasi, pemberian vaksin booster ini sementara menggunakan tiga alternatif. Alternatif pertama, masyarakat yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Sinovac, akan mendapatkan setengah vaksin booster Pfizer.

Alternatif kedua, untuk vaksin primer Sinovac, akan diberikan setengah dosis vaksin booster AstraZeneca.

Alternatif ketiga, untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin penuh AstraZeneca, akan mendapatkan vaksin booster Moderna dengan setengah dosis.

Baca Juga: Cara mengecek Tiket Vaksinasi Booster pada Aplikasi PeduliLindungi

Menkes Budi juga menjelaskan, pemberian vaksin Booster yang berbeda dengan vaksin primer ini juga akan mengikuti ketersediaan vaksin yang ada. Kombinasi vaksin booster sendiri juga sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan juga Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Walaupun vaksin booster ini sudah mulai dijalankan, Pemerintah tetap menghimbau untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk terus menjaga protokol kesehatan yang baik. Pemerintah juga tidak lelah untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan di masa Pandemic.

Lakukan pemeriksaan Swab PCR jika Anda sudah merasakan gejala dari Virus Covid 19. Hindari kerumunan dan rajin mencuci tangan untuk membantu memerangi Pandemic Covid 19 di Indonesia.

Baca Juga: Vaksin Booster dimulai Hari ini, Yuk intip Mekanismenya

Kami Quicktest akan membantu masyarakat untuk memerangi Covid 19 di Indonesia dengan menyediakan layanan pemeriksaan Swab PCR dan juga Swab Antigen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.