Apakah Covid 19 Berbahaya bagi Ibu Hamil ?

Covid 19 Berbahaya bagi Ibu Hamil apakah benar? Pada umumnya ibu hamil memiliki imunitas yang sangat rendah sehingga akan lebih rentan untuk terserang penyakit atau infeksi tertentu. Di tengah masa pandemi saat ini penting sekali untuk ibu hamil mengetahui kondisi dan resiko apa saja yang dapat terjadi apabila virus menginfeksi tubuh.

Pada umumnya memang tidak ada perbedaan kondisi saat ibu hamil terserang virus corona. Sejak kasus Covid 19 di Indonesia muncul hingga saat ini belum ada informasi terkait virus Covid 19 dapat menyerang janin yang di kandung ibu hamil. Walaupun belum ada kasus yang seperti itu, penting sekali untuk ibu hamil tetap waspada dan menjaga kesehatannya.

Ini dia hal yang mungkin terjadi bila Ibu Hamil terjangkit Virus Covid 19

Hingga saat ini para peneliti masih meneliti mendalam terkait Apakah Covid 19 Berbahaya bagi Ibu Hamil ?. Pada kesempatan kali ini kami merangkum untuk Anda resiko apa saja yang mungkin terjadi apabila ibu hamil terjangkit Covid 19 menurut para peneliti.

  • Mengalami Gejala yang lebih Parah

Mengingat bahwa ibu hamil memiliki imunitas yang sangat rendah, dapat saja virus Covid 19 ini menyerang kita kapan pun. Walaupun gejala yang di alami sama dengan penderita virus Covid 19 pada umumnya, ibu hamil yang memiliki penyakit bawaan seperti paru – paru, atau asma dan lain sebagainya. Hal itu akan memperkeruh kondisi dari kesehatan ibu hamil.

(sumber: pexel.com)

Virus Covid 19 yang menyerang pada ibu hamil akan semakin parah apabila ibu hamil sudah memiliki penyakit bawaan, bahkan yang paling parah dari virus ini, dapat menyebabkan komplikasi pada penyakit bawaan ibu hamil ini. Jika menemukan gejala Covid 19 pada ibu hamil segera lakukan pemeriksaan mendalam atau melakukan swab PCR agar mengetahui kondisi dari kesehatan terkini.

  • Dapat menyebabkan Kelahiran Prematur

Banyak sekali berita terkait Apakah Covid 19 Berbahaya bagi Ibu Hamil ? dan masih banyak di luar sana berita yang ngawur dan tidak jelas mengenai ibu hamil dengan Covid 19. Meski simpang siur mengenai berita bahwa ibu hamil yang terserang Covid 19 akan melahirkan bayi prematur hal itu juga ada baiknya. Karena kelahiran bayi prematur pada ibu hamil dapat mencegah penularan Covid 19 pada ibu hamil. Namun hal ini masih di teliti oleh para Dokter Kandungan mengenai kelahiran prematur akan ibu hamil.

  • Mengalami Cacat pada Janin

Menurut informasi yang kami dapat dari Akademi Obstetri dan Ginekologi Amerika Serikat (ACOG), hingga saat ini belum terjadi kasus bahwa Covid 19 dapat menyerang hingga ke plasenta bayi. Tidak semua berita mengenai Covid 19 itu benar adanya, bukti nyata yang sudah terjadi, ibu hamil yang terinfeksi virus Covid 19 melahirkan bayi dengan normal dan sehat.

  • Mengakibatkan Janin Terinfeksi Covid 19

Pernah terjadi kasus Covid di Wuhan, seorang bayi yang baru lahir 30 Jam langsung terinfeksi virus Covid 19. Bisa saja bayi tersebut terinfeksi karena paparan udara dari luar yang terjangkit virus Covid 19, namun hingga saat ini belum ada kepastian kenapa bayi tersebut dapat terinfeksi virus Covid 19.

Setelah membaca beberapa fakta diatas kita dapat menyimpulkan bahwa tidak ada resiko penularan virus Covid 19 dari ibu hamil pada janin. Namun untuk para ibu hamil di luar sana tetap harus waspada akan virus Covid 19. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan.

Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin Swab test Antigen atau Swab Test PCR untuk mengetahui update mengenai kondisi tubuh kita , apakah terjangkit virus Covid 19 atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.