Pentingkah Tes PCR Pada Saat Sekarang Ini

Swab Tes PCR sekarang ini sangat dibutuhkan untuk sekarang-sekarang ini. Hal ini disebabkan karena kasus corona yang terjadi di Indonesia selama ini terus bertambah. Walaupun saat ini sudah tidak sebanyak saat-saat sedang memasuki puncaknya akan tetapi tetapi tidak boleh lengah terhadap penanganan virus corona ini.

Dengan demikian swab test menjadi sebuah hal yang masih sangat diperlukan sekarang-sekarang ini. Pelaksanaan swab test menjadi salah satu cara untuk mengetahui seseorang sudah terpapar virus corona atau tidak. Dengan pelaksanaan swab test ini maka seseorang akan mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penularan lebih lanjut lagi. 

Penularan virus corona yang begitu cepatnya mengakibatkan banyak faktor terganggu. Tentunya yang paling pertama adalah faktor kesehatan masyarakat. Dengan demikian masyarakat yang pada dasarnya tidak terpapar corona juga menjadi terganggu. Terutama masyarakat yang membutuhkan tenaga kesehatan yang sesuai dengan prosedur. Karena adanya covid-19 ini maka kapasitas dari kegiatan rumah sakit. 

Kapasitas Rumah Sakit

Setiap rumah sakit memiliki rumah kapasitasnya sendiri sesuai kemampuannya untuk menampung pasien yang sedang mengalami gejala penyakit. Dengan adanya batasan dari rumah sakit untuk melakukan kegiatan melayani pasien tentunya setiap rumah sakit memiliki sebuah batasan optimum. Dengan batasan Optimum dari setiap rumah sakit maka ada batasan juga untuk menampung pasien yang dapat ditampung.

Jika kapasitas dari rumah sakit saat ini  melebihi dari daya tampungnya maka akan mempengaruhi dari kegiatan perawatan yang sedang dilakukan. Kegiatan yang terganggu karena adanya pasien tambahan yang disebsbakan oleh covid-19 sangat mempengaruhi kinerja dari rumah sakit. Maka dari itu virus Covid-19 ini menjadi beban tersendiri bagi beberapa rumah sakit yang kelebihan batas. 

Pentingnya Tes PCR 

Tes PCR
Samuel Broder, M.D., former Director, National Cancer Institute from 1989 to 1995. (Sumber :unsplash.com)

Tes PCR sendiri merupakan bagian dari pelaksanaan swab test untuk mengetahui virus covid19 yang berada pada tubuh seseorang. Kegiatan Swab test pada virus corona ini beberapa ahli mengatakan kalau akurasinya lebih besar dari 90%. Swab dengan akurasi 90 % ini termasuk swab Antigen dan juga swab PCR.

Perbedaan dari swab PCR dan Swab Antigen dapat dilihat dari hasilnya, lama pengujian test dan akurasi yang diberikan. Swab Tes PCR memiliki hasil yang lebih akurat jika dibandingkan dengan swab ANtigen, Hal ini yang menjadikan Swab PCR menjadi standar perjalanan Internasional. Kemudian untuk jenis hasil yang dikeluarkan bedanya adalah PCR memiliki nilai Ct-Value yang menunjukan positif atau negatif dari paparan corona. Sedangkan hasil dari antigen hanya ada positif atau negatif terhadap virus covid-19. Kemudian waktu yang dibutuhkan oleh swab antigen untuk melakukan pengujian adalah selama 15 menit sampai 2 jam. Sedangkan untuk PCR yang paling cepat adalah 6 jam, sedangkan untuk waktu normal adalah sekitar 24 jam. 

Tes PCR menjadi salah satu cara untuk melakukan pencegahan virus covid-19. Selain dengan swab pencegahan untuk penyebaran corona juga diperlukan adanya protokol kesehatan. Protokol kesehatannya mulai dari kegiatan menjaga jarak dengan orang lain, kemudian rutin mencuci tangan, dan yang terakhir adalah dengan memakai masker jika sedang berhubungan.

Kemudian hal hal yang perlu diperhatikan adalah  lebih baik tidak melakukan kegiatan diluar rumah jika tidak sangat penting. Dengan melakukan kegiatan hanya dirumah saja adalah cara mengurangi interaksi antar orang. Mengurangi kegiatan bertemu antar orang merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan antar orang. Sehingga penyebaran virus covid-19 dapat berkurang secara drastis. 

Seperti inilah banyak cara melakukan pencegahan corona atau virus covid-19 menjadi hal yang perlu diketahui dan penting. Oleh karena itu swab test mau itu tes PCR ataupun Swab Antigen menjadi hal yang sangat penting sekarang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.