Seberapa Pentingkah Swab Antigen atau Rapid Antigen ?

Swab Antigen atau Rapid Antigen meruakan salah satu Methode screening awal pengechekan terhadap virus corona yang ada di dalam tubuh manusia. Pelaksanaan Screening ini sangat perlu dilakukan apabila ingin mencegah penyebaran virus corona di sebuah daerah yang akan dilakukan kegiatan berkumpul. Kegiatan berkumpul haruslah di lakukan test ini agar tidak menyebarkan kepada peserta kegiatan yang lain yang sehat dan datang ke kegiatan tersebut. Pelaksanaan Swab Antigen atau juga seirng disebut Rapid Antigen.

Test Antigen ini sering di sebut Swab Antigen karena pengambilan samplenya dengan menggunakan methode swab. Methode swab adalah methode pengambilan sample dengan melakukan pengusapan pada sebuah daerah tertentu agar mendapatkan sample carian atau lendir. Sedangkan alasan sering juga disebut Rapid Antigen karena kecepatan pengetesan dengan metodhe ini. Methode pengetesan dengan Antigen ini dapat mengeluarkan hasil yang cenderung cepat. Lama pengeluaran hasil test dari Antigen adalah selama 15 menit sampai satu jam. 

Rapid Antigen

Kenapa Antigen Penting

Antigen penting dilakukan karena menjadi salah satu penentu awal seseorang membaca virus corona atau tidak. Virus corona ini sangat mudah menyebar dari seseorang ke orang lain. Mudahnya penyebaran Virus corona menjadi alasan virus ini adalah alasan kenapa penyebaran virus ini menjadi pandemi. Pandemi saat ini juga sudah banyak sekali memakan korban jiwa dan korban kemerosotan ekonomi dunia.

Selain mudah penyebarannya Virus corona juga memiliki kemampuan untuk merusak paru-paru seseorang dengan cepat. Sehingga jika orang sudah memiliki penyakit bawaan yang berkaitan erat dengan penyakit paru-paru, maka virus corona akan sangat berbahaya. Virus ini juga sudah memakan banyak sekali korban jiwa di seluruh dunia.

Selain korban jiwa, kerugian yang didapatkan beberapa pemerintahan dunia demi mencegah penyebaran Virus ini mengambil keutusan untuk melakukan lockdown atau semi lockdown. Kepurusan Lockdown dan semi Lockdown dari pemerintah ini membuat banyak sekali kegiatan bisnis menurun. Kegiatan bisnis turun mengakibatkan kerugian dan tidak sedikit beberapa perusahaan mengurani karyawannya. Selain beberapa perusahaan yang mengurangi karyawan ada juga perusahaan yang gulung tikar karena pandemi ini.

Kegiatan ekonomi yang menurun ini mengakibatnya banyaknya pengangguran dan masalahekonimi lainnya. Hal ini menciptakan masalah baru terhadap ekonimi masing-masing negara. Semakin sulit adalah di saat pergantian musim di beberapa negara yang memiliki 4 musim, karena ketahanan pangan sangat di perlukan saat musim dingin tiba. Biasanya  Salah satu Protokol keamanan agar kegiatan masuk kantor kembali bisa dilaksakan adalah swab antigen. Dengan adanya pengechekan Swab Antigen ini penyebaran dikantor akan menjaga penyebaran terhadap virus corona ini.

Cara Kerja Swab Antigen Atau Rapid Antigen

Pertama sekali yang akan dilakuakan Swab Antigen atau Rapid PCR adalah dengan pengambilan sample. Pengambilan sample seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan methode swab. Pengambilan sample dilakukan oleh seseorang yang ahli. Swabber adalah nama panggilan orang yang mengambil sample pada pelanggan. Pengambilan sample dilakukan dengan alat swab seperti cotton bud yang panjang. Pada ujung alat engambilan sample ini terdapat kapas untuk mengambil sample pada lubang hidung. 

Setelah sample di ambil kemudian akan dilakukan test dengan alat test antigen. Sample di masukan ke dalam tabung sample, kemudian di goncangkan agar sample tercampur dengan cairan di dalam tabung. Setelah itu cairan yang ada dalam tabung tersebut akan di teteskan ke alat test antigen. Setelah lebih kurang 15 menit alat akan menunjukan hasil apakah seseorang sudah terkena virus corona atau tidak pada lubang hidungnya. Jika hasilnya positf tidakan selanjutnya haruslah dilakukan test PCR untuk memastikan lagi sebarapa banyak virus yang ada pada tubuh seseorang. Swab Antigen atau Rapid Antigen memang saat inisangat perlu dilakukan rutin untuk mencegan penyebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.