Tes PCR yang Nyaman di Dekat Lokasi Kamu ?

Tes PCR merupakan kegiatan untuk mengetahui seseorang yang terinfeksi virus corona atau tidak. Dengan melakukan swab test pcr maka seseorang dapat mengetahui langkah selanjutnya apa yang harus diambil jika sudah terpapar virus corona. Hal ini diperlukan sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 ini. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus covid-19 ini sudah menjadi sorotan dunia. Covid-19 menjadi sorotan Dunia karena penyebarannya yang sangat cepat dan secara cepat mampu membuat orang sakit parah. 

Tes PCR

Akan tetapi tidak semua orang yang terpapar virus covid-19 ini memiliki gejala berat sehingga harus ke rumah sakit. Akan tetapi untuk menjaga pencegahannya seseorang yang sudah terpapar virus corona ini lebih baik tidak melakukan kegiatan yang membantu penyebaran lebih banyak lagi. Sebaiknya semua orang tetap melakukan kegiatan di dalam rumah saja dan tidak terlalu banyak kegiatan di luar rumah. Sehingga kemungkinan penularan terjadi di sekitar lingkungan anda semakin berkurang. Dengan demikian penurunan penyebaran virus corona juga akan menjadi lebih cepat.

Selain keluar rumah jika hanya ada kegiatan penting saja juga diperlukan untuk menjaga protokol kesehatan. menjaga protokol kesehatan ini dengan cara menjaga jarak dengan orang lain apabila terpaksa berinteraksi dengan orang lain. Kemudian rutin mencuci tangan terutama saat sedang bersentuhan dengan banyak benda-benda yang belum diketahui apakah sudah terpapar virus covid-19 atau tidak. Kemudian Memakai masker saat sedang berhubungan dengan orang lain. Semua hal tersebut menjadi protokol kesehatan standar di seluruh wilayah Indonesia. 

Selain menjaga protokol kesehatan juga diperlukan untuk rutin melakukan swab test PCR dan juga swab Antigen. Hal ini diperlukan karena dengan melakukan swab test seseorang akan mengetahui sudah terpapar corona atau tidak. Sehingga orang tersebut akan mengetahui langkah selanjutnya untuk mengambil keputusan melakukan isolasi mandiri atau ke dokter. Dengan demikian pencegahan penyebaran virus corona akan lebih bisa diatasi.

Kenapa Harus Swab Test ?

Kenapa Swab test menjadi standar untuk melakukan uji test terhadap virus covid-19 adalah karena akurasi yang dihasilkan oleh swab test adalah lebih dari 90%. Dengan demikian swab test menjadi standar di Indonesia untuk melakukan kegiatan diluar rumah. Untuk standar dunia sendiri diperlukan swab PCR. Sehingga syarat penerbangan Internasional adalah dengan Swab PCR.

Perbedaan swab test PCR dan Swab Test antigen adalah akurasi hasil, waktu yang diperlukan untuk mengeluarkan sampel dan juga bentuk hasilnya. Akurasi yang dihasilkan swab PCR lebih akurat jika dibandingkan dengan swab Antigen, akan tetapi swab antigen juga memiliki akurasi yang lebih besar dari 90%. Kemudian untuk lama hasil yang dikeluarkan untuk swab PCR adalah sekitar 6 Jam sampai 24 jam, sedangkan untuk swab Antigen sekitar 30 menit sampai 2 jam dari pengambilan sampel. Terakhir untuk swab PCR mengeluarkan hasil positif dan negatif akan tetapi juga mengeluarkan nilai Ct-Value, sedangkan antigen hanya mengeluarkan hasil positif dan juga negatif.

Cara pengambilan sampelnya kedua swab ini pada dasarnya dengan mengusap, dalam hal  ini mengusap sampel yang kemungkinan banyak terdapat virus corona di lokasi tersebut. Dalam hal ini biasanya orang yang sudah terinfeksi corona memiliki banyak virus pada bagian dalam hidung dan tenggorokan. Dengan demikian akan diambil sampel dengan mengusapkan alat pada bagian dalam hidung dan juga tenggorokan. Sehingga dapat dipastikan virus corona benar-benar sudah ada dalam tubuh seseorang atau tidak. Maka untuk melakukan Tes PCR direkomendasikan di Quicktest.

Leave a Reply

Your email address will not be published.