Vaksin Booster dimulai Hari ini, Yuk intip Mekanismenya

Vaksin Booster dimulai Hari ini, Yuk intip Mekanismenya,Dari informasi yang sudah kami dapat, Vaksinasi Covid 19 booster gratis akan dimulai pada hari ini, Rabu (12/1/2022).

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa, vaksin booster gratis ini akan diberikan untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Pemberian Vaksin booster gratis ini ditunjukkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengingat bahwa saat ini Virus Covid 19 sudah banyak bermutasi dengan munculnya varian baru.

“Saya telah memutuskan bahwa pemberian Vaksin booster gratis ini akan diberikan bagi seluruh masyarakat di Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwasanya keselamatan dan kesehatan rakyat Indonesia adalah hal yang paling utama,” kata Jokowi saat melakukan Konferensi Pers melalui Chanel YouTube Sekretariat Presiden selasa lalu. Vaksin Booster dimulai Hari ini, Yuk intip Mekanismenya!

Lalu, bagaimana Mekanisme dari Vaksin Booster ini?

Syarat untuk Mendapatkan Vaksin Booster Gratis

  • Di prioritaskan untuk usia 60 tahun ke atas
  • Vaksin Booster di Prioritaskan untuk Kelompok Rentan
  • Sudah berusia 18 Tahun ke atas
  • Berada pada lingkungan Kabupaten atau Kota yang sudah memenuhi 70% suntikan pertama dan 60% dosis kedua vaksinasi
  • Sudah melakukan Vaksinasi Dosis Lengkap, dengan jangka waktu 6 bulan usai dosis kedua diberikan

Baca Juga: Muncul lagi Varian Covid 19 IHU yang terdeteksi di Perancis

Dikutip dari laman Kominfo.go.id, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, diperkirakan terdapat 244 Kabupaten dan juga Kota yang sudha memenuhi dari kriteria tersebut.

Selain itu, terdapat juga sekitar 21 juta sasaran vaksin booster pada Januari 2022.

Jenis Vaksin Ketiga atau booster ini akan ditentukan langsung oleh petugas Kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis pertama dan juga Kedua yang sudah diterima.

Yuk cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster Gratis

Dikutip dari laman langsung sehatnegeriku.kemenkes.go.id, masyarakat yang termasuk dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di laman dan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Ingin Swab PCR Antigen Cepat? Ke Quicktest Aja!

Tiket tersebut dapat digunakan pada fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang telah ditentukan.

Melalui laman PeduliLindungi, Masyarakat dapat mengunjungi pedulilindungi.id untuk mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik Periksa.

Jika melalui Aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dapat mengikuti langkah – langkah seperti berikut ini:

  1. Buka Aplikasi PeduliLindungi
  2. Masuk dengan akun yang terdaftar
  3. Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid 19”
  4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun Anda
  5. Untuk cek tiket vaksin, masuk ke Menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

Jika termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi, Anda dapat datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan juga surat bukti vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Baca Juga: Omicron meningkat di Jakarta menyentuh hingga 2000 kasus

Kemenkes juga menghimbau untuk seluruh masyarakat di Indonesia untuk tidak menggunakan NIK dan juga Nomor Handphone milik orang lain saat ingin mendaftar vaksinasi booster untuk menghindari kendala administrasi di kemudian hari.

Lalu Vaksin Booster menggunakan Vaksin jenis apa?

Pemerintah akan memberikan vaksinasi booster dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada pada 2022.

Sebab, jenis vaksin booster akan berbeda dengan ketersediaan vaksin pada 2021 lalu.

Selain itu, Pemerintah juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam Negeri maupun Luar Negeri.

Kombinasi Vaksinasi booster yang akan diberikan mulai 12 Januari 2022 sesuai dengan pertimbangan para peneliti dalam dan luar negeri, serta sudah dikonfirmasi langsung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), diantaranya:

  • Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac, maka yang akan diberikan untuk vaksin booster adalah setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.
  • Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca maka yang akan diberikan untuk vaksin booster adalah setengah dosis Moderna.

Menkes Budi mengatakan, seluruh kombinasi vaksinasi booster sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM dan juga rekomendasi dari ITAGI.

Kombinasi vaksinasi booster ini juga sudah sesuai dengan yang direkomendasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dimana pemberian vaksin booster dapat menggunakan vaksin yang sejenis atau homolog dan juga dapat menggunakan vaksin yang berbeda atau heterolog.

Baca Juga: Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Heterolog diartikan sebagai vaksinasi booster yang menggunakan jenis vaksin berbeda dengan dosis pertama dan dosis kedua. Sementara Homolog merupakan vaksinasi booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama seperti vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Untuk vaksinasi booster itu sendiri akan dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah, maupun Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah.

2 thoughts on “Vaksin Booster dimulai Hari ini, Yuk intip Mekanismenya

Leave a Reply

Your email address will not be published.