Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya? Pada pekan lalu Pemerintah menjadwalkan penyuntikan dosis Ketiga atau booster vaksin Covid 19 akan dilaksanakan 12 Januari 2022 nanti.

Sasaran penerima vaksin booster ini direncanakan sebanyak 21 juta, yang masuk kelompok dengan usia 18 tahun pada Januari 2022.

Untuk Kabupaten atau Kota yang akan menggelar vaksinasi booster pun harus memenuhi syarat cakupan vaksinasi Covid 19 dosis pertama yang mencapai 70 persen dan 60 persen untuk dosis kedua.

Baca Juga: Ingin Swab PCR Antigen Cepat? Ke Quicktest Aja!

Untuk saat ini, menurut catatan yang sudah diterima oleh Pemerintah saat ini terdapat 224 Kabupaten atau Kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Penyelenggaraan vaksin booster ini juga tidak seluruhnya Gratis, terdapat juga yang berbayar untuk vaksin booster ini.

Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko Perekonomian) Susiwijono Moegiarso menjelaskan, kelompok masyarakat yang termasuk ke dalam golongan prioritas, adalah Lansia, Masyarakat kurang mampu, dan kelompok masyarakat prioritas lain, akan mendapatkan vaksin booster secara gratis atau ditanggung oleh Pemerintah.

“Bagi kelompok masyarakat prioritas, yakni Lansia, Masyarakat yang kurang mampu dan kelompok masyarakat prioritas lainnya, akan ditanggung oleh Pemerintah,” kata Susi pada waktu lalu.

Baca Juga: Muncul lagi Varian Covid 19 IHU yang terdeteksi di Perancis

Susi juga menjelaskan, hingga saat ini Pemerintah pun sedang dalam tahap finalisasi peraturan Presiden (perpres) dan peraturan atau keputusan Menteri Kesehatan terkait dengan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga ini atau vaksin booster.

Perpres yang dimaksud pun yaitu Perpres Perubahan Ketiga atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 terkait Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Covid 19.

“Untuk rancangan Perpres yang dimaksud, substansinya sudah selesai dibahas dengan seluruh Kementerian atau Lembaga terkait, dan sedang dalam tahap permohonan penetapan,” kata Susi.

Sebelum diberitahukan oleh, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan sempat mengatakan, vaksin booster tidak akan diberikan secara gratis kepada masyarakat seperti vaksin Covid 19 dosis pertama dan kedua.

Diperkirakan akan ada 100 juta orang masyarakat golongan bawah yang akan mendapatkan vaksin booster gratis. Sementara sisanya akan berbayar.

Baca Juga: Ini dia Alasan mengapa Covid 19 di Indonesia belum Berakhir

“Rakyat kita kelas bawah tidak bayar atau gratis, itu kira – kira 100 juta orang, yang lainnya akan berbayar. Saya pasti bayarlah,” kata Luhut.

Jadi bagaimana sudah siap untuk mendapatkan vaksin Booster ini? Ayo kita bersama membangun Indonesia untuk bisa kembali sehat dan terhindar dari wabah virus Covid 19.

Lakukan Swab PCR dan Antigen jika kamu mengalami gejala dari Covid 19, tetap jaga kesehatan dan jangan pernah lepas dari protokol kesehatan ya teman sehat semuanya.

2 thoughts on “Vaksin Booster dimulai 12 Januari nanti, Siapa saja yang bisa mendapatkannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.